Tuesday, April 05, 2022

Hal Kecil yang Berdampak Besar

 Hal Kecil yang Berdampak Besar. 


Manusia jujur itu adalah yang memiliki integritas tinggi. Dia yang bertindak dan bersikap dengan baik dan benar meskipun tidak ada yang mengawasinya.

Hari ini pengalaman saya naik taksi online di Bandung. Seperti biasa kalau naik taksi, saya ngobrol dengan pengemudi. Tujuan saya adalah bangunan yang pintu masuknya persis diputaran sebuah bulevard yang ramai di jalan Sukarno-Hatta. Setelah dekat ke tujuan saya sarankan pengemudi untuk belok di putaran dimaksud dan langsung masuk ke gedung. 

Si pengemudi menolak saran saya dengan halus, dia mengatakan kalau kita belok di sana akan mengganggu pengguna lalu lintas lain dan bahkan akan celaka karena lalulintas cukup ramai dan cukup cepat. Dia kemudian berbelok diputaran berikutnya dan pelan2 memilih jalur keluar ke tujuan.


Setelah sampai di tujuan saya tidak sadar telepon genggam (HP) saya tertinggal di jok mobil, baru saya sadari setelah beberapa lama. Saya cukup panik, saya berusaha menelpon HP tsb dengan HP lain.

Kira2 15 menit kemudian taksi yg saya tumpangi tadi muncul kembali mengantarkan HP saya. Pengemudi menyadari karena HP berdering terus di jok belakang, dia berkesimpulan HP saya tertinggal dan dia kembali mencari saya.


Hari ini saya berjumpa dengan salah satu manusia  berintegritas. Ini ditunjukkan dalam cara bersikap dalam berlalu lintas dan mengembalikan hak orang lain. 


Keduanya kelihatan sepintas merupakan hal kecil, tapi perlu disadari hal2 kecil seperti ini yang akan berdampak besar dalam membentuk kedamaian dan ketentraman dunia.(AU-24032022)


No comments: